TETAP FOKUS KERJA SELAMA BULAN PUASA, COBA KIAT BERIKUT INI !

  1.  Sahur Dengan Makanan Bernutrisi

 

Selain ibadah sunah, bagi kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa, nggak keren rasanya jika kamu melewatkan rutinitas yang satu ini. Selain berbuka, sahur juga menjadi moment yang akan dirindukan ketika ramadhan telah berlalu. Pilihlah menu sahur dengan tetap memperhatikan nutrisi makanan. Seperti yang dilansir dari @idntimes, untuk tetap menjaga stamina selama berpuasa, sangat disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, misalnya bayam, brokoli, jagung resbus, manga dan nanas.

 

Makanan tersebut tidak mudah dicerna sehingga daya kenyang menjadi lebih lama. Selain itu, Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, kamu tetap harus mengkonsumsi air putih 3 samapi 4 gelas disaat makan sahur ya guys !

 

  1.  Mencoba Bekerja Secara Offline

 

Dikutip dari detikheath.com, hasil survey menunjukan bahwa 60 % gangguan dalam tempat kerja disebabkan oleh aktivitas di dunia online, misalnya kamu sering cek sosial media, email maupun. Untuk melatih konsentrasi, batasi penggunaan situs jejaring sosial dan cobalah untuk bekerja secara offline. Upayakan otak untuk berfikir lebih dalam, mencoba mengerjakan tugas tanpa  koneksi internet. Sehingga otak kamu akan lebih aktif, menuangkan ide-ide segar dan original.

 

  1. Pilah Pekerjaan Besar

 

Menjalankan pekerjaan besar banyak berpengaruh pada penurunan stamina. Jika stamina turun, daya konsentasi otak kita juga akan menurun dan akhirnya sulit konsentrasi. Untuk mengatasinya, cobalah berbagi dan bertukar ide dengan rekan kerja, pilah pekerjaan menjadi sub-sub tugas yang lebih ringan dan hasilnya akan cepat pula terselesaikan.

 

  1.  Tetap Beristirahat

 

Istirahat tidak selalu berhubungan dengan makan siang. Walaupun sedang berpuasa, atur ritme gerak dan pikiran kamu. Ketika jam istirat, rehatlah sejenak. Sehingga ketika otak sudah netral, dan stamina tubuh berhasil terkumpul kembali, maka kamu dapat melanjutkan pekerjaan dengan lebih segar.

 

  1.  Merapikan Meja Kerja

 

Wahai kaum kreatif, kamu pasti tidak sependapat dengan point ini. Yups, banyak anggapan bahwa kreativitas muncul dari ketidakteraturan. Tapi menurut pandangan umum, sampah dan file-file yang tidak tertata rapi sangat mengganggu pandangan. Dokumen atau file yang masih menumpuk disekitar kamu akan mengingatkan kembali bahwa masih banyak tugas yang belum selesai. Alhasil kamu akan mengeluh dan menyalahkan pekerjaan mu yang tidak kunjung usai.

 

Nhah, jika terjadi demikian, maka upaya yang harus kamu lakukan adalah dengan merapikan meja kerja kamu, meskipun itu sepele, dikutip dari  lifestyle.bisnis.com, penelitian dari NeuroLeadership Josh Davis mengatakan ketidakmampuan dalam menjaga kerapian meja bisa menjadi tandakurangnya kemampuan untuk tetap fokus.  Untuk tetap menjaga semangat positif dalam bekerja, yuk cek lagi kerapian meja mu.

 

  1. Beri Hadiah Untuk Diri Sendiri

 

Memotivasi diri sendiri itu keren lhoh guys. Ketika kamu sedang menghadapi tantangan pekerjaan dalam kondisi puasa, kamu mungkin bisa membuat sedikit tantangan untuk memompa semangat. Misalnya ketika pekerjaan yang kamu keluhkan itu telah selesai, berikan hadiah untuk diri sendiri dengan membeli makanan untuk berbuka dengan menu kesukaan.

 

  1.  Mendengarkan Musik

 

One good thing about music is when it hits you, you feel no pain ungkapan yang tidak asing dari Bob Marley ini menegaskan bahwa dengan mendengarkan musik, rasa sakit (baca- bosan) dapat segera hilang. Namun diluar itu, kamu pasti punya selera musik yang berbeda-beda. Sehingga ketika ada music disekitarmu belum tentu kamu bisa menikmatinya, sehingga malah mengganggu upaya untuk fokus terhadap pekerjaan. Mendengar musik lewat headphone dapat menenangkan pikiran sekaligus terhindar dari gangguan seperti suara bising atau percakapan teman sekantor yang berisik. Selain itu, dengan menikmati alunan music, membuat perasaan lebih tenang, sehingga mengurungkan rasa lapar dan haus ketika bekerja selama berpuasa.

 

 

 

Untuk tetap dalam kondisi good mood saat bekerja selama berpuasa, ketujuh tips dari mudahkerja.com ini dapat membantu kamu untuk tetap semangat ya guys. Jalani puasa dengan iklas dan tetap bekerja semaksimal mungkin. Do your best  dan Salam MudahKerja :)  (rys)