BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENAMPILAN SA'AT TEST WAWANCARA KERJA !!

Tidak dapat dipungkiri jika penampilan adalah hal yang tidak boleh disepelekan, apalagi dalam melakukan interview kerja. Wawancara kerja merupakan momen penting dalam perjalanan karir, dan penampilan adalan poin penting yang perlu kamu perhatikan. Penampilan yang rapi dan baik akan memberikan kesan professional.

Penampilan dalam wawancara kerja adalah kesan pertama yang bisa kamu berikan kepada interviewer. Jadi momen ini nggak boleh kamu isi dengan memberikan kesan pertama yang buruk. Berikut hal yang harus kita perhatikan penampilan kita di dalam menghadapi wawancara kerja.

1. Hindari pemakaian kaos dan jeans!

Hal pertama yang harus kita perhatikan adalah pakaian, hindari pemakaian kaos dan celana jeans saat akan datang ke sesi interview. Penampilan seperti ini tentu saja akan memberikan kesan jika kamu tidak serius dalam melakukan wawancara. Walaupun kamu akan interview di perusahaan sektor industri kreatif pun, kamu disarankan untuk tidak mengenakan ini saat melakukan interview.

 

2. Kenakan suit dan setelan jika interview di perusahaan bersifat formal.

Jika kamu akan melakukan interview di perusahaan yang bersifat formal, seperti firma hukum, bank atau konsultan public relations, maka kamu wajib mengenakan setelan resmi. Perusahaan macam ini sangat mengutamakan kerapian dan juga profesionalitas, yang mana pertama kali terlihat dari penampilanmu saat sesi interview. Pakaian seperti ini akan terkesan resmi, namun sebenarnya cukup sederhana, hanya terdiri dari rok, blouse, dan juga blazer.

 

3. Kenakan kemeja dengan kancing terbuka.

Pilihan baju seperti ini tentu saja tidak hanya sebatas pada warna hitam dan putih saja. Kamu bisa bereksperimen dengan material kemeja, seperti chiffon atau sutra. Pemilihan warna seperti coklat akan sesuai untuk memberikan kesan yang lebih professional. Yang pasti kamu harus memastikan model kancing terbuka ini tidak mengekspos bagian dada. Carilah kemeja yang tidak terlalu ketan dan jangan lupa untuk mengenakan baju dalam dengan warna gelap.

 

4. Jika tidak terbiasa menggunakan rok, kamu bisa menggunakan celana bahan.

Interview kerja di perusahaan yang bergerak di badan usaha kreatif tentu saja tidak seketat apabila kamu interview di perusahaan yang bersifat formal. Kamu bisa bebas memilih mengenakan rok atau celana, asalkan jangan memilih bahan jeans. Kamu bisa mengenakan celana dengan model chino yang bisa jadi pilihan yang tepat untukmu.

 

5. Untuk laki-laki, cukup kenakan kemeja dan celana bahan.

Pakaian untuk laki-laki memang terkesan lebih simple dibandingkan dengan wanita. Kamu cukup mengenakan kemeja dengan celana model chino. Disarankan untuk memakai pakaian dengan warna agak gelap seperti biru atau hitam. Kamu bisa mengenakan sepatu pantofel dan kaus kaki hitam yang cukup panjang. Simple bukan?

 

6. Tata rambutmu dengan rapi.

 

Selain pakaian yang rapi, rambut juga memiliki peran yang tidak kalah penting untuk menyempurnakan penampilanmu.  Jika kamu memiliki rambut panjang, kamu bisa mengikat atau menggelungnya. Dengan begitu, kamu akan mendapat penampilan yang lebih rapi dan juga professional. Jika kamu memiliki rambut pendek, kamu cukup menggerainya dengan penataan yang tepat. Kamu bisa menambahkan aksesoris rambut seperti jepit rambut agara terkesan lebih rapi dan juga manis.

 

7. Aksesoris pendukung lainnya penting kamu perhatikan.

Setelah memilih pakaian yang tepat, saatnya untuk kamu memilih perlengkapan yang akan mendukung penampilanmu. Dalam memilih sepatu untuk interview, pilihlah sepatu dengan ujungnya yang tertutup, dan usahakan memilih warna sepatu dengan warna gelap, seperti coklat atau hitam. Jangan menggunakan sepatu dengan hak yang terlalu tinggi. Selain sepatu, pemilihan tas juga menjadi poin penting untuk melengkapi penampilanmu. Bawalah tas dalam ukuran yang sedang saja dan usahakan yang memiliki tali selempang. Tas dengan ukuran sedang akan sangat memadai bagimu untuk menaruh barang-barang bawaan dan juga berkas-berkas interview.

 

Sekarang tentunya udah faham kan apa yang harus diperhatikan dalam penampilan kita untuk menghadapi wawancara kerja. Jadi, sudah siap untuk melamar di perusahaan impianmu?

 

Sumber: [generasibisa.id]