INGIN DAPAT KESAN BAIK SAAT WAWANCARA, LAKUKAN TIPS BERIKUT !

Setelah lulus kuliah maupun sekolah, mendapatkan sebuah pekerjaan bukan hanya sebuah impian namun harus mulai kamu tanamkan dalam niat dan usaha. Setelah kamu mengaplikasikan sejumlah lamaran, itu berarti kamu harus sudah siap dengan segala kemungkinan untuk dipanggil ke proses wawancara kerja. Jika kamu masih awam dengan kegiatan wawancara kerja, langkah utama yang harus kamu lakukan adalah aktif mencari tips dan kiat-kiat bagaimana menghadapi sesi wawancara kerja dengan browsing atau Tanya ke teman-teman kamu yang sudah pernah mencobanya. Untuk lebih matang dalam persiapannya, dikutip dari James Caan CBE, seorang influencer linkdin mengenai Recruitment Guide,  di Linkdin nya, kali ini MudahKerja.com memberikan panduan mengenai hal-hal yang pantas dilakukan saat interview kerja berlangsung. Cekidot !

 

  1. Saat kamu diundang untuk interview sedangkan kamu belum paham bidang pekerjaannya, jangan ragu untuk menanyakan kepada pihak rekrutment tentang jobdesk pekerjaan yang sedang ditawarkan pada posisi tersebut.

 

  1. Ajukan pertanyaan kepada pewawancara, bagaimana budaya kerja di kantor tersebut, termasuk yang berkaitan dengan peraturan yang tidak boleh dilanggar atau hal-hal apa saja yang perlu dipatuhi oleh karyawan.

 

  1. Jangan malu untuk menunjukan portofolio atau hasil pekerjaan yang telah kamu lakukan di masa lalu kepada pewawancara, namun jangan terlalu menjualnya, biar pihak mereka sendiri yang akan menilai betapa hebatya kamu.

 

  1. Wawancara kerja adalah kesempatan untuk mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan kepada pewawancara tentang pekerjaan seperti apa yang harus kita selesaikan. Sehingga kita bisa mengatur kekuatan kinerja kita dan menjaganya agar tetap seimbang. Buatlah layaknya diskusi, karena memang wawancara harusnya berupa dialog dua arah, bukan sebuah inkuisisi.

 

  1. Rencanakan ke depan untuk pertanyaan standar yang akan selalu dihadirkan dalam sesi wawancara kerja, seperti Mengapa kamu resign dari perusahaan sebelumnya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang hal tersebut dan dapat merespon secara alami dan percaya diri untuk menjawab pertanyaan tak terduga seperti itu.

 

  1. Tunjukan kepada pewawancara bahwa kamu adalah orang yang optimis, ramah, tunjukkan bahwa akan cocok bekerja di sana, dan jangan lupa akhiri sesi wawancara dengan ucapan terima kasih.

 

Sederetan Tips tersebut dapat kamu coba gais, tentunya untuk lancar interview kerja, kunci utama nya harus siap. Siap disini artinya beberbekal dengan rasa percaya diri, tetap santun, dan berpenampilan rapi. Sehingga pewawancara dapat melihat kamu sebagai pribadi yang sangat menghargai sesuatu, penuh persiapan dan meyakinkan. Salam Mudah Kerja. (rys)