Beberapa Alasan Pegawai Betah Bekerja Selain Gaji

Bagi Anda yang bekerja pada posisi HRD (Human Resources Department) mungkin sudah tidak heran lagi dengan jumlah keluar masuknya pegawai di suatu perusahaan. Sebenarnya, keluar masuknya pegawai dapat dilihat dari dua sisi yang berbeda.

 

Dari sisi petinggi perusahaan, mereka menganggap para pegawai tersebut sebagai ‘kutu loncat’ yang berloyalitas rendah. Tetapi, bagi pegawai, perusahaan mempunyai faktor-faktor yang tidak mendukung dirinya bertahan dan kebanyakan bagi pegawai, faktor utamanya adalah gaji yang tidak cukup.

 

Semangat kerja berbanding positif dengan gaji yang diberikan; semakin tinggi gaji, semakin giat pula seorang pegawai. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang telah menyadari hal ini dan telah menjanjikan gaji yang sesuai untuk karyawannya.

 

1. Fasilitas Kantor yang Beragam

Selain gaji yang tinggi, hal utama yang dapat membuat seorang pegawai betah adalah fasilitas yang beragam. Fasilitas diberikan untuk pegawai dengan tujuan agar pegawai merasakan tempat kerja seperti lingkungan hidupnya dengan suasana yang familiar.

Fasilitas umum yang dapat diberikan oleh sebuah perusahaan adalah fasilitas tempat tinggal, klinik perusahaan hingga tempat makan khusus pegawai, tetapi beberapa perusahaan ada yang menawarkan fasilitas gym dan wellness centerhingga gaming center.

 

2. Tunjangan yang Besar

Salah satu alasan mengapa seorang pegawai memilih bekerja pada perusahaan berskala besar dibandingkan perusahaan muda yang menawarkan gaji sama adalah tunjangan yang diberikan. Kebanyakan perusahaan besar menawarkan tunjangan yang beragam untuk pegawainya.

Tunjangan ini sangat berguna terutama bagi pegawai dengan pendapatan cukup dan tidak mampu menyisihkan dana untuk hal-hal lain seperti, kesehatan, cicilan rumah hingga dana pensiun.

Tunjangan yang paling umum diberikan oleh perusahaan Indonesia adalah tunjangan kesehatan dan tunjangan dana pensiun. Tetapi, untuk meningkatkan kesejahteraaan pegawainya, banyak perusahaan yang telah memberikan tunjangan tempat tinggal hingga tunjangan pernikahan. Perusahaan yang menawarkan tunjangan beragam tersebut akan lebih diminati oleh pencari kerja.

 

3. Atasan yang Bersahabat

Seorang pegawai tentunya tidak ingin bekerja di bawah atasan yang bossy dan tidak bersahabat. Atasan yang baik dapat membantu membentuk lingkungan kerja yang lebih bersahabat. Oleh karena itu, jika Anda merasa ada pegawai Anda yang memiliki sifat bossy, mungkin dia adalah alasan para pegawai di bawah pimpinannya tidak betah.

 

4. Suasana Kerja yang Kekeluargaan

Suasana kerja yang menyenangkan terbentuk dari berbagai faktor, beberapa di antara nya adalah kolega kerja yang ramah, atasan yang bersahabat, dan lingkungan kerja yang kondusif. Seorang pekerja lebih senang berangkat kerja dengan situasi yang menyenangkan daripada lingkungan kerja yang tidak mendukung. Situasi yang menyenangkan juga dapat meningkatkan performa seorang pegawai.

 

5. Jenjang Karir yang Menjanjikan

Mayoritas pegawai akan bertahan di perusahaan yang sesuai dengan pilihan karir mereka. Perusahaan yang tidak menjanjikan kenaikan pangkat yang sesuai akan kurang diminati oleh para pegawainya. Dengan jenjang karir yang menjanjikan, seorang karyawan akan lebih betah dan semangat untuk meningkatkan produktivitas mereka.

 

6. Lokasi Dekat

Seorang pegawai akan lebih malas bekerja di perusahaan yang jauh dari tempat tinggalnya, terkadang para pegawai pun terpaksa mengontrak atau menyewa kos di dekat tempat kerja. Hal ini membuat mereka kurang leluasa dan mengeluarkan dana ekstra. Oleh karena itu, banyak yang berpindah tempat kerja karena lokasi.

 

7. Waktu Kerja Efektif

Selain lokasi, waktu kerja juga sangat penting pagi seorang pegawai, terutama bagi yang telah berkeluarga. Waktu yang tersita hanya untuk menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan membuat pegawai merasa pekerjaan nya tidak sesuai dengan prioritas waktu mereka. Hal ini membuat mereka mempertimbangkan kembali pilihan pekerjaan mereka.

 

Loyalitas untuk Karir yang Cemerlang

Jika Anda seorang pegawai dan merasa bahwa perusahaan tempat dan bekerja sekarang telah memberikan fasilitas-fasilitas di atas maka pertahankan saja. Janganlah berubah haluan hanya karena hal-hal sepele seperti ‘ikut-ikutan’ atau ‘coba-coba’. Loyalitas seorang pegawai sangat dihargai oleh suatu perusahaan dan dapat menjadi bekal untuk jenjang karir yang lebih tinggi.

[Sumber:Cermati.com]