4 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan Ketika Sedang Berburu Pekerjaan

Membahas karir memang tidak akan ada habisnya, selalu ada topik-topik seru yang sering terjadi di kalangan pekerja namun juga menjadi sumber pengalaman bagi pemburu kerja lainnya. Berada pada posisi pencari kerja, pernah penulis alami beberapa waktu silam. Tidak bisa dipungkiri, pasti sebagian dari kita memiliki pengalaman masing-masing dalam mencari pekerjaan, mendapatkan pekerjaan sampai mencari pekerjaan lagi, memang begitu siklusnya.

Dilansir dari beberapa sumber, rentang bertahan seorang karyawan pada jobs tertentu kurang lebih 2-3 tahun sebelum memutuskan untuk pindah ke jobs lainnya, dan itu merupakan kebenaran yang sulit. Menurut pandangan Robert Herjavec Founder Of Herjavec Group ketika kita berada di posisi job hunter (pencari kerja) terkadang kita tidak tahu apa yang sebenarnya kita cari, dengan demikian, ada beberapa nasehat yang perlu diperhatikan ketika sedang mencari pekerjaan, diantaranya:

 

  1.  Company Culture (Seperti Apa Budaya Perusahaan  Tersebut)

 

Dengan kamu lebih tahu budaya perusahaan maka kamu dapat mengetahui berapa tingkat kepuasaan karyawaannya, bagaimana valuenya dan bagaimana manajemennya. Maka dengan demikian, kamu bisa memilah sendiri, apakah kamu ingin bergabung dengan mereka atau mencari  peluang di tempat lain. Menurut pandangan Robert Herjavec, perusahaan dapat berkembang dengan cepat didukung dengan pergerakan karyawan yang cepat pula beradaptasi dan mampu bertahan pada segala tekanan.

 

  1. Pertimbangkan Pemenuhan Karir

 

Ketika kamu berharap akan mendapatkan pekerjaan yang jobdesknya mudah, ingatlah bahwa sesuatu yang mudah itu membosankan. Carilah tantangan yang dapat mendorongmu untuk keluar dari zona nyaman sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Pastikan perusahaan yang baru memungkinkan mu untuk menikmati peran dan tanggungjawabmu. Tunjukan seberapa inisiatifnya kamu, tunjukan lebih, lebih dan lebih lagi.

 

  1. Kompensasi Yang Didapatkan

 

Akan ada sensasi menyenangkan tersendiri ketika membahas tentang kompensasi. Yups, kompensasi adalah faktor penentu yang tak terbantahkan dalam keputusan menentukan pilihan pekerjaan. Fase dalam kehidupan pribadi memang terus berubah, maka kebutuhan pun juga akan berbeda dari masa ke masa. Bersyukur itu wajib, namun keterampilan untuk melakukan secara lebih tidak bisa dibatasi, termasuk kompensasi yang akan mengikuti seperti gaji, tunjangan kesehatan, waktu liburan dan tunjangan tambahan lainnya.

 

  1. Perkembangan Industri

 

Point selanjutnya adalah perlu melihat perkembangan perusahaan tujuan dari berbagai sisi. Sesuaikan visi perusahaan dengan masa depan yang akan bisa kamu dapatkan disana. Pada sisi ini, sepertinya merangkul 3 point yang telah dijelaskan sebelumnya,  Bagaimana perusahaan berencana untuk tumbuh? Apa prioritas mereka? Seperti apa budayanya ?, jika kamu ragu, maka cobalah untuk memantapkan niat dan berusaha lebih tentunya diiringi dengan potensi diri yang dapat kamu pamerkan ke perusahaan yang menjadi tujuan. (rys)

 

Salam Mudah Kerja :)