ALASAN BETAPA PENTINGNYA KAMU PUNYA HOBI DI LUAR PEKERJAAN

Ngomong-ngomong tentang hobi nih, pastinya itu berhubungan dengan aktivitas yang kamu sukai di luar pekerjaan. Menurut penelitian, Matthew Zawadzi, assistant professor of psychology dari University Of California, di kutip dari kompas.com, seseorang yang memiliki aktivitas yang berkaitan dengan kegemaran akan membuat hidup jauh lebih sehat dan bersemangat.

 

Selain berperan penting dalam kesehatan, hobi atau kegemaran yang kita miliki tersebut ternyata juga menyimpan banyak manfaat positif lainnya lhoh, diantaranya dapat memuaskan kesenangan, sarana untuk transfer emosional, mental dan fisik sehingga membuat kita lebih bergairah dan terarah. Masih ragu untuk mencari aktivitas menyenangkan yang bisa dijadikan hobi, atau sudah punya hobi tapi masih setengah-setengah dalam mengembangkannya, yuk simak 7 alasan berikut  yang bakal membuat kita lebih semangat dalam menjalankan hobi tersebut.

 

  1. Membuat Waktu Jadi Lebih Bermanfaat

 

Hari gini waktu luang masih mau dihabiskan untuk berselancar ke social media? Please wake up, inspirasi memang perlu di cari, namun kebanyakan inspirasi, otak jadi lelah sehingga membuat kita kurang fokus dengan apa yang ingin kita aplikasikan. Mulai gunakan waktu seoptimal mungkin. Hasilkan karya di sela-sela waktu tersebut. Dengan melakukan  kegemaran atau hobi, waktu yang kita miliki menjadi lebih berharga.

 

  1. Mengasah Skill Kreatif

 

Ketika hobi bukan dipandang sebagai sesuatu yang menghasilkan wudud, tetapi tindakan dan berujung pada perubahan sikap yang positif itu juga bisa disebut dengan hobi. Jika kita senang akan aktivitas tertentu, seperti olah raga, traveling atau berorganisasi, berkesenian,  semuanya bukan sesuatu yang menghasilkan produk tapi sangat bermanfaat bagi perkembangan skill dan daya kreatif yang senantiasa menyegarkan tubuh dan otak. Jika kondisi tubuh sudah fresh, otak dapat berfikir dengan luas, sehingga tidak monoton dalam menjalani hidup.

 

  1. Menghadirkan Semangat Baru

 

Jika kemaren kita sedang menikmati aktivitas yang berkaitan dengan kegemaran dan rasanya kita tidak ingin menyudahinya. Namun karena aktivitas pekerjaan, hobi tersebut kita skip dan dilanjutkan di waktu senggang lainnya. Pikiran bawah sadar kita akan mendorong kita untuk cepat berinteraksi kembali dengan hobi tersebut, sehingga tanpa disadari memberikan efek semangat bagi kita untuk segera menyelesaikan pekerjaan atau tanggung jawab lain di luar hobi.

 

  1. Menambah Teman dan Relasi

 

Untuk mengembangkan energy dalam hobi tersebut, yang tidak kalah penting adalah dengan saling mencari dan bertukar energy ke orang lain yang memiliki minat serupa. Salah satu caranya adalah dengan membuat atau bergabung dengan komunitas yang terkait. Dalam komunitas tersebut, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki ketertarikan yang sama, saling berbagi inspirasi dan tips untuk menunjang performa hobi mu agar lebih bermanfaat secara luas.

 

  1. Menambah Penghasilan

 

“Pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar”. Pasti diantara kita sudah tidak asing lagi dengan kata motivasi tersebut. Rasanya membuat kita para pekerja keras iri dengan orang-orang yang bekerja di balik hobi nya yang berhubungan dengan seni atau olah raga. Namun kita para pekerja yang bukan di bidang tersebut namun memiliki passion di bidang yang sama, dapat kamu jadikan sebagai side job. Yups, pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan uang tambahan di luar gaji bulanan kamu lhoh, caranya dengan lebih mensosialisasikan hobi kamu, sehingga orang lain tertarik untuk memanfaatkannya, seru kan !

 

  1. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Emosi Positif

 

Ketika otak sedang penat akan berbagai target dari pekerjaan, rileks sejenak dan berlari pada hobi merupakan keputusan benar. Namun bukan hanya sebuah pelarian, hobi ini juga bisa menjadi “pengingat” untuk tidak terlarut dalam kepenatan tersebut, dan masih banyak aktivitas lain yang bisa dipandang lebih baik oleh orang lain. Dengan hobi, kamu dapat menunjukan sisi lain dari diri mu, serta dapat menjadi tolok ukur skill yang kamu miliki. (rys)