Menangkan Pekerjaan Dengan Resume Yang Memikat, Begini Caranya !

Apa sih bedanya Resume dengan CV ? serta kenapa harus membuat resume padahal sudah melampirkan CV ? Oke, jadi begini, CV atau singkatan dari Curiculum Vitae adalah biodata, riwayat informasi pribadi yang dapat kamu tunjukan ke umum. Seperti nama, usia, alamat dan status, serta didukung dengan riwayat organisasi, riwayat pendidikan dan pengalaman pekerjaan. Mengingat sifat resume terbatas dan singkat, kamu tetap bisa merangkum semua uraian tentang keahlianmu dan riwayat pekerjaan yang kemudian merujuk pada upaya mempromosikan diri bahwa kamu adalah orang tepat untuk posisi yang dibutuhkan.

 

Dikutip dari www.thindifference.com , ada 8  panduan membuat resume yang dapat kamu gunakan untuk menangkap pekerjaan impian mu.

 

  1. Perhatikan format penulisan

 

Jika resume sulit dibaca, itu akan masuk ke tempat sampah. Pastikan teks yang buat mudah dibaca. Serta pastikan tidak terlalu banyak ruang kosong, jadi tidak perlu banyak halaman untuk dicetak.

 

  1. List daftar keahlianmu

 

Banyak tim rekrutmen yang langsung mengarah pada sejumlah keahlian yang dimiliki dari masing-masing kandidat. Sehingga cantumkan langsung sejumlah daftar keahlian yang telah kamu miliki secara rinci. Usahakan merujuk pada posisi yang telah ditawarkan, sehingga relevan dengan potensi yang kamu miliki dan yang akan kamu kembangkan bersama perusahaan.

 

  1. Singkat & Jelas

 

Kita bisa bayangkan jika seorang rekrutmen menerima ratusan resume untuk satu posisi yang dibuka, maka sudah dipastikan mereka tidak  bisa memberikan banyak waktu untuk membaca resume kita.  Untuk itu, jangan berbelit-belit dalam menyampaikan potensi yang kamu miliki, langsung pada point, buat ulasan rinci dan jelas.

 

  1. Sampaikan yang benar & apa adanya

 

Jujur adalah kunci keberhasilan, termasuk dalam penulisan resume. Jangan terlalu khawatir dengan pengalaman yang kurang relevant. Kamu masih dapat meyakinkan tim rekrutmen dengan memberikan uraian yang berisi tentang semangat kerja dan kemauan untuk belajar dengan cepat dan lebih jika kamu berada dalam posisi tersebut. Menunjukan semangat akan kemauan dan kemampuan memahami pekerjaan dengan cepat akan lebih menarik dari pada kamu menciptakan tulisan yang tidak sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

 

  1. Buat dirimu berbeda     

 

Dari semua pelamar, apa yang membuat Anda berbeda? Anda memiliki semua keterampilan yang dibutuhkan, atau mungkin kamu memiliki hobi dan pengalaman sebagai volunteer yang relevan. Sertakan informasi tersebut  di resume kamu, sehingga peluang untuk tetap diingat dan dipanggil untuk mendapatkan kesempatan interview kerja menjadi lebih besar.

 

  1. Sesuaikan resume dengan posisi yang dituju

 

Mulailah tinggalkan kebiasaan membuat satu resume untuk melamar beberapa pekerjaan yang berbeda. Posisi pekerjaan yang dibuka umumnya tidak selalu memiliki qualifikasi yang sama, sehingga perhatikan kembali resume yang telah kamu buat, sekalipun itu relevan dengan lowongan sebelumnya, pastikan dan tinjau kembali resume yang telah kamu buat sebelum kau melampirkannya ke perusahaan yang berbeda.

 

  1. Tinjau kembali pilihan desain resume

 

Pikirkan kembali penggunaan desain atau template tertentu untuk penulisan resume. Tinjau kembali apakah relevan dengan background posisi dan perusahaan yang kamu tuju. Ada yang mengganggap kreatif namun pikirkan pula bagaimana jika ada yang menganggap jika hal tersebut norak dan kuno. Jadi perbanyaklah mencari informasi sejauh mana desain template tersebut dapat berperan.

 

  1. Pilih font yang mudah dibaca

 

Font yang bagus sangat penting. Font Helvetica, Tahoma, dan Arial adalah contoh font yang mudah dibaca, font bersih. Atur ukurannya font antara 10-12 point untuk mendapatkan ukuran bacaan yang ideal juga. Maka dari itu, jangan merusak nuansa resume yang telah tersusun sedemikian rupa dengan pilihan huruf yang tidak professional.

 

Demikian panduan menciptakan sebuah resume yang memikat, semoga dapat diaplikasikan dengan baik dan dapat mengarahkanmu ke perkerjaan yang benar-benar kamu impikan. Cheerss !! (rys)