SADARI DARI SEKARANG! 8 HAL SEPELE DALAM PEKERJAAN YANG MERUSAK KESEHATAN.

Sudah jadi rahasia umum bahwa jika kamu terlalu bekerja keras, maka kesehatanmu akan jadi taruhannya. Selain lupa istirahat, pola makan dan minum juga jadi berantakan lantaran banyak waktu yang terbuang hanya untuk memikirkan deadline pekerjaan. Kondisi fisik dan psikismu jadi menurun, kinerja jadi nggak maksimal, lalu ujung-ujungnya berpengaruh terhadap pekerjaan juga, ‘kan?

Kondisi tubuh yang drop sebenarnya nggak cuma disebabkan oleh padatnya jobdesk yang mesti dikerjakan saja, banyak hal lainnya juga yang berkaitan dengan pekerjaan. Tanpa disadari, hal-hal sepele seperti peralatan kerja yang jarang dibersihkan misalnya, berkontribusi membuat kesehatanmu terganggu. Sebelum terlambat, sebaiknya kamu simak 8 hal-hal sepele dalam pekerjaan yang berpotensi merusak kondisi fisik dan psikis berikut ini:

1. Terlalu lama duduk mengakibatkan beberapa bagian tubuh terasa nyeri. Bisa berbahaya kalau tak segera diantisipasi.

Buat kamu yang kerjanya duduk seharian menghadap layar komputer, baiknya mulai waspada. Terlalu lama duduk membuatmu merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh seperti pinggang, bahu, atau kaki. Belum lagi kalau kamu kerap berhadapan dengan layar komputer dengan posisi meja dan kursi yang kurang ideal sehingga mengharuskanmu mencondongkan badan. Duduk membungkuk dalam waktu yang cukup lama dengan intensitas yang sering dilakukan dapat menyebabkan gangguan punggung dan juga leher.

 

Untuk mengatasinya, berkeliling ruanganlah setiap 1 atau 2 jam sekali agar tubuhmu nggak kaku serta mengurangi frekuensi munculnya rasa nyeri dan tegang pada bagian-bagian tubuh lainnya.

2. Peralatan kerja seperti laptop dan komputer yang penuh debu. Bukan hanya pernapasan terganggu, tapi wajahmu juga jadi mudah berjerawat karenanya

Deadline yang sudah menunggu bikin kamu nggak memperhatikan keadaan meja kerjamu. Nggak cuma berantakan, namun peralatan kerja seperti laptop dan mouse pun kotor penuh debu. Padahal, tanpa disadari kamu suka menyentuh wajah dengan tangan yang sebelumnya selalu bersentuhan dengan peralatan kerja penuh debu itu. Nggak heran kalau wajahmu jadi mudah jerawatan.

3. Terlalu lama di dalam ruangan AC ataupun di luar ruangan bikin kamu nge-dropkarena kering dan dehidrasi.

Hal sepele yang satu ini memang serba salah. Terlalu lama di ruangan AC bikin kulit kering dan mata perih. Sedangkan menghabiskan sebagian besar waktu bekerja di luar ruangan bikin tubuh lemas karena dehidrasi. Belum lagi polusi udara yang sering kamu hirup. Jika sudah mengetahui kondisi yang seperti ini, maka harus dari kamu sendiri yang mengontrol kesehatan.

 

Jika kamu selalu di dalam ruangan ber-AC, ambil waktu istirahat untuk benar-benar berada di luar kantor agar terkena sinar matahari. Jangan lupa juga untuk sering-sering minum agar nggak dehidrasi. Begitu pula jika kamu bekerja di luar ruangan, kenakan pelindung seperti masker, menggunakan pelembap, dan cukup minum agar nggak lemas.

4. Tahu nggak, kerja berjam-jam bisa menyebabkan kenaikan berat badan lho!

Waktu bekerja itu normalnya adalah 8 jam sehari, tapi kenyataannya sering berlebih. Deadlineyang menumpuk bikin energimu terkuras sehingga perut pun jadi cepat lapar. Kalau sudah begini, secara nggak sadar kamu suka makan cemilan. Alhasil, berat badanmu pun bertambah seiring waktu. Apalagi jika kamu hanya duduk saja seharian tanpa banyak bergerak. Makin melar deh tuh!

5. Penglihatan jadi terganggu lantaran sering menatap layar monitor dalam durasi yang cukup lama

Mata merupakan salah satu organ tubuh vital dalam bekerja. Jika terlalu lama menatap layar monitor, maka matamu akan cepat lelah dan mengganggu kesehatannya. Selain minus atau silinder yang bertambah, mata lelah dapat berpengaruh terhadap munculnya sakit kepala.

 

Sering-seringlah mengedipkan mata dan mencuri kesempatan untuk tidur sejenak di kantor barang 15 sampai 30 menit. Hal ini berguna untuk mengistirahatkan mata supaya nggak lelah dan me-refresh sejenak pikiranmu.

6. Lingkungan kerja yang itu-itu saja bikin kamu cepat bosan. Jangan heran kalau kamu bisa stres karena ini

Seperti apa lingkungan kerja, hal itu jadi ujian buat kamu apakah bisa berdamai atau tidak. Mulai dari atasan, rekan kerja, hingga suasana kantor dengan meja yang kubikal atau terbuka bebas akan memengaruhimu dalam bekerja. Jika kamu kerap merasa bosan dengan lingkungan kerja yang begitu-begitu saja, jangan heran kalau lambat laun kamu bakal jadi stres karenanya.

7. Seringnya menggunakan gadget bikin jari-jari kamu nyeri. Pernah merasakan ini?

Kesibukanmu kadang juga ditunjang dengan gadget yang selalu aktif. Kamu sering berkomunikasi membicarakan pekerjaan lewat ponsel. Entah itu sekadar chatting atau telepon, kenyataannya mengakibatkan jari-jari tangan terasa nyeri. Hal ini tentu nggak baik bagi kesehatan. Ada baiknya kamu atur penggunaan gadget demi kondisi tubuh yang selalu prima.

8. Penampilan itu memang hal penting dalam bekerja, tapi jangan lupakan kenyamanan, ya!

Tak hanya peralatan kerja, tapi penampilanmu juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terganggunya kesehatan. Misalnya, alas kaki yang maksa untuk dipakai padahal nggak nyaman dapat menyebakan cedera tulang belakang, kejang otot, dan sakit kepala kronis. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu nggak memaksa untuk memakainya terlalu lama di jam kantor. Atau, paling nggak kamu bisa sediakan sepatu atau sandal nyaman di bawah meja untuk digunakan saat kamu sedang santai.

 

Ternyata memang bukan karena padatnya jobdesk saja, tapi juga hal-hal sepele dalam pekerjaan sehari-hari yang sering nggak kamu sadari berpotensi merusak kesehatan. Mumpung belum terlambat, sebaiknya antisipasi mulai dari sekarang, ya!

Sumber: [hipwe.com]