7 Pekerjaan Kekinian yang Berhubungan dengan Media Sosial. Cocok Dicoba Para Generasi Millenial

Pada era yang serba digital ini, media sosial memang sudah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Fungsi dari media sosial pun kian bergeser dari yang sebelumnya sebagai media komunikasi, kini menjadi wahana untuk eksistensi diri. Menurut data, pengguna media sosial yang aktif di Indonesia pada Januari 2017 mencapai 106 juta jiwa. Angka tersebut tergolong tinggi jika dibandingkan dengan pengguna media sosial di negara-negara berkembang yang lainnya.

Melihat antusiasme masyarakat Indonesia akan media sosial tersebut, terdapat beberapa keuntungan yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya dengan menjadikan media sosial sebagai lahan menciptakan lapangan pekerjaan. Berikut MudahKerja.com berikan beberapa jenis pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial. Pekerjaan tersebut cocok dicoba oleh para generasi millennial karena sangat kekinian!

 

1. Buat kamu yang selalu mengikuti tren di media sosial, cocok nih coba apply sebagai social media strategist.

Melihat angka pengguna media sosial yang cukup tinggi di Indonesia, membuat beberapa pebisnis serta perusahaan menggunakannya sebagai alat untuk memasarkan bisnis mereka. Nggak hanya perusahaan dalam negeri saja, perusahaan multinasional bahkan dari luar negeri pun telah menggunakan media sosial untuk memperluas jaringannya. Untuk itulah, dibutuhkan seorang social media specialist di dalamnya. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk membantu perusahaan dalam membuat strategi pemasaran melalui media sosial. Salah satu tugas yang harus dikerjakan oleh social media strategist ini adalah mengoptimalisasikan penggunaan media sosial agar proses pemarasan hingga promosi berjalan dengan baik.

 

2. Punya followers banyak dan akunmu udah diverifikasi? Coba jadi selebgram aja! Selain dapat penghasilan, kamu juga bisa ikutan tenar.

Buat kamu yang betah banget scroll instagram pasti nggak asing deh dengan pekerjaan yang satu ini. Pekerjaan ini memang baru-baru ini menjadi tren di kalangan anak muda karena terlihat kekinian dan menghasilkan, selebgram. Namun menjadi selebgram tidak semudah kelihatannya lho. Modal utama yang harus kamu miliki adalah followers yang banyak serta feeds yang menarik. Selain itu kalau akun instagrammu udah diverifikasi, semakin besar pula kesempatanmu untuk menjadi selebgram.

Penghasilan utama dari selebgram ini didapatkan dari endorsement serta kerjasama yang melibatkan brand-brand ternama. Seorang selebgram bisa mengantongi belasan juta rupiah hanya dengan mengunggah satu foto produk lho! Selain berupa materi, keuntungan yang didapat dengan menjadi selebgram adalah bisa ikutan tenar. Dengan penghasilan dan keuntungan tersebut, yakin nih kamu nggak ingin jadi selebgram?

 

3. Kamu yang hobi bikin video dan punya ide-ide keren, bisa lho jadi youtuber atau vlogger. Penghasilannya lumayan banget!

Beberapa tahun lalu Youtube hanya digunakan untuk melihat video klip atau trailer film aja. Namun beberapa waktu terakhir, Youtube bisa menjadi lahan untuk mencari pundi-pundi bahkan pekerjaan tetap. Salah satunya adalah dengan menjadi kreator atau yang sering disebut sebagai youtuber. Menjadi youtuber nggak hanya bermodal punya kamera aja, tapi pekerjaan ini juga dituntut untuk selalu mempunyai ide-ide yang keren serta kemampuan editing video yang mumpuni. Yang nggak kalah penting adalah ketekunan dan keseriusan dalam membuat video-video berkualitas.

Dari segi penghasilan, menjadi youtuber ini ternyata cukup menjanjikan. Setiap satu videomu berhasil ditonton 100 ribu kali, kamu bisa mendapatkan 50-100 dolar AS atau setara dengan 1,3 juta rupiah. Coba bayangkan kalau kamu dalam seminggu mengunggah dua video dengan total view sebanyak 1 juta viewer? Lumayan ‘kan?

 

4. Hobi menulis tapi ogah jadi penulis buku? Blogger profesional bisa kamu jadikan pilihan. Jangan lupa pilih tema blogging yang sesuai passion-mu ya?

Menjadi blogger adalah pekerjaan di bidang media sosial yang selanjutnya. Kamu yang hobi menulis tapi tak mau menjadi penulis buku, perlu mencoba jenis pekerjaan yang satu ini. Untuk bisa menjadi blogger profesional, kamu perlu mengumpulkan beberapa modal terlebih dahulu. Di antaranya adalah blog yang sudah top level domain (.com, .co.id, atau yang lainnya) serta tema atau niche untuk halamanmu. Beberapa niche yang banyak digunakan oleh blogger profesional adalah beauty, fashion, makanan, parenting, teknologi serta masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga sebaiknya memiliki ketelatenan dalam mengurus blog agar bisa mendatangkan keuntungan.

Penghasilan dari blog ini biasanya didapatkan dari content partner, afiliasi serta iklan-iklan yang bisa didapatkan setelag kamu memasang Google Adsense. Biar trafik blogmu makin ramai serta kemampuan bloggingmu meningkat, kamu juga bisa lho bergabung dengan komunitas-komunitas blogger yang ada.

 

5. Kamu yang hobi menulis plus update dengan dunia media sosial cocok nih jadi content writer. Dari brand ternama sampai instansi pemerintahan pasti membutuhkan

Pernah nggak kamu memperhatikan setiap postingan dari akun brand ternama hingga instansi pemerintah?

Sebagian besar isi konten dari akun-akun tersebut tidak dibuat langsung oleh brand atau instansi pemerintah itu sendiri. Mereka biasanya bekerja sama dengan content writer yang bertugas mengisi setiap postingan tersebut. Seorang content writer harus memiliki ide-ide yang selalu fresh agar tema dari setiap akun yang ditangani itu terwakili. Untuk menjadi content writer kamu juga diwajibkan untuk melakukan riset, baik riset untuk bahan tulisan serta riset tren yang terjadi di media sosial.

 

6. Desainer grafis juga dibutuhkan dalam bidang ini. Karena dunia media sosial kurang menarik tanpa adanya visualisasi

Media sosial itu terdiri dari tiga elemen penting. Tulisan, gambar serta suara. Namun tulisan serta gambar menjadi dua hal yang paling dibutuhkan di dalamnya. Kamu yang hobi desain pun bisa lho mendapatkan pekerjaan di bidang media sosial. Pekerjaan tersebut adalah menjadi desainer grafis. Untuk kamu yang berminat menjadi desainer grafis, kemampuan memvisualisasikan tulisan menjadi bentuk 2D atau 3D adalah kunci utama. Fungsi desainer grafis ini adalah untuk mendukung konten tulisan agar lebih menarik. Jika di media sosial kamu sering melihat infografik atau gambar animasi, nah hal itu merupakan hasil karya dari desainer grafis ini. Untuk masalah penghasilan, nggak kalah kok dengan pekerjaan kekinian yang lain.

 

7. Kamu yang suka jalan-jalan sambil update media sosial juga bisa jadi pekerjaan tersendiri lho. Social media traveler namanya.

Menjadi sosial media traveler adalah pekerjaan kekinian selanjutnya. Pekerjaan ini sangat cocok untukmu yang punya hobi jalan-jalan dan update media sosial. Meski terlihat nyantai, namun kamu perlu beberapa modal lho untuk bisa menjadi traveler yang satu ini. Kamu wajib punya alat perekam yang digunakan untuk mengabadikan momen selama perjalanan. Selain itu, kemampuan berbahasa juga dibutuhkan, mengingat nggak hanya menjelajah pelosok Indonesia saja tapi juga di seluruh penjuru dunia. Biasanya pekerjaan ini juga akan ditawari kerjasama dengan hotel, maskapai penerbangan, hingga agen perjalanan untuk memberikan review akan sebuah produk.

Buat kamu yang masih kebingungan mencari pekerjaan, siapa tahu jenis-jenis pekerjaan kekinian tersebut bisa menjadi inspirasi. Satu tips dari MudahKerja.com, apapun pekerjaannya, sebisa mungkin dijalani dengan sungguh-sungguh ya? Karena sesuatu yang dijalani dengan sungguh-sungguh hasilnya tak akan buatmu kecewa. [Sumber: Hipwee.com]