10 Trik Kerja Cerdas Biar Pekerjaan Cepat Beres

 

Kerja di bawah tekanan memang merupakan pemicu stres dan panik. Sayangnya, kebanyakan pekerja menghadapinya dan tidak dapat mengatasinya. Masalahnya, bagaimana mempertahankan kualitas pekerjaan Anda?

Perlu daya tahan dan konsentrasi lebih untuk bekerja lebih efektif. Menyeimbangkan kualitas dan lamanya waktu kerja memang tidak mudah. Tapi bukan berarti tidak mungkin.

 

 

Berikut ini tips-tips untuk bekerja lebih cepat dengan hasil maksimal:

 

 

1.Perencanaan

 

Perencanaan akan sangat membantu. Tulis apa saja yang harus dikerjakan di kalender Anda, ini memudahkan anda menyortir pekerjaan dan tahu mana yang lebih penting dan harus dikerjakan terlebih dulu.



2. Jangan multitasking (mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus)

 

Multitasking menciptakan ilusi bahwa mengerjakan banyak pekerjaan sama dengan menjadi produktif. Padahal, akan lebih sulit menyelesaikan pekerjaan dengan cara ini. Kerjakan satu tugas sampai selesai, istirahat sejenak, lalu garap pekerjaan selanjutnya.



3. Mendesak tidak selamanya berarti penting

 

Saat didesak oleh orang lain untuk menyelesaikan sesuatu, Anda akan merasa panik dan takut gagal menyenangkan orang tersebut. Jika Anda sudah tahu bahwa yang orang itu desak sebetulnya tidak terlalu penting, Anda bisa atur ulang prioritas Anda dan fokus pada menyelesaikan yang Anda tahu lebih penting.

 

4. Matikan gadget

 

Matikan gadget yang tidak dipakai dan tutup media sosial Anda. 



5. Istirahat

 

Bangun dari tempat duduk Anda, lakukan olahraga ringan. Melihat layar komputer terlalu lama mengakibatkan mata lelah dan sakit kepala. Keluar dan mencari udara segar sejenak membuat anda berenergi lagi.
 


6. Konsentrasi

 

Orang-orang yang berlalu-lalang membuat konsentrasi Anda buyar dan berkali kali, Anda harus tetap menjaga konsentarasi saat bekerja.


7.  Bayangkan hal-hal menyenangkan

 

Coba bayangkan bagaimana perasaan Anda saat berhasil menyelesaikan tugas? Anda bisa cepat pulang, bertemu keluarga dan teman serta melakukan aktivitas lainnya yang menyenangkan.

Terus berfokus akan mengingatkan Anda pada kondisi tersebut. Jadi, akan lebih mudah untuk Anda dalam menghindar dari bagian-bagian yang kurang penting dalam pekerjaan Anda.

 

8. Rayakan keberhasilan kecil

 

Banyak langkah yang harus diambil dalam menyelesaikan pekerjaan. Kelompokkan langkah-langkah yang harus diselesaikan dalam proyek Anda, dan coba ingat-ingat apa yang sudah Anda selesaikan.

Menyalahkan diri terus-terusan terhadap apa yang belum Anda selesaikan tidak baik untuk kepercayaan diri Anda. Jangan lupa rayakan setiap keberhasilan yang Anda raih, meski itu hanya hal sepele.



9. Belajar bilang "tidak"

 

Jangan terlalu banyak berkomitmen. Saat deadline, jangan bekerja di proyek-proyek lain. Tahan untuk tidak mengatakan "iya" saat ditawari proyek yang Anda tidak yakin bisa selesaikan.


10. Jangan terlalu banyak mengeluh

 

Mengeluh hanya mengingatkan Anda dan orang lain pada apa yang menjadi kesusahan kalian. Daripada mengeluh "saya sibuk banget nih!" lebih baik berpikir "Saya sudah lebih dekat dengan target". Ucapan-ucapan semacam ini bisa menyemangati Anda.

 

 

Sumber : lifehack.org