Untuk Kamu yang Baru Memasuki Dunia Kerja, Ini 5 Tips Mudah Menghadapinya

Memulai sebuah karir di dunia kerja bukanlah hal yang mudah. Khususnya bagi mereka yang belum mempunyai pengalaman bekerja sama sekali hal ini akan terasa sangat sulit. Hari-hari pertama kerja akan terasa berat bahkan lebih berat ketimbang menunggu datangnya panggilan kerja. Bagi kamu yang baru lulus kuliah alias fresh graduate mungkin banyak hal yang gak kamu bayangkan terjadi di hari pertama bekerja. Kamu gak bisa lagi seenak jidat buat gak masuk seperti yang sering kamu lakukan saat kuliah.

 

Itulah yang namanya perjalanan karir, kita dituntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat. Bagi sebagian orang mungkin mengenal tempat baru, orang-orang baru, dan suasana baru bukanlah suatu yang sulit. Namun, sebagian orang lainnya malah kesulitan dengan semua hal baru tersebut. Adaptasi ini adalah hal yang sakral bagi karyawan atau pekerja yang baru dalam pekerjaannya sebab perkembangan karirmu bergantung besar dari bagaimana kamu bisa beradaptasi.

 

Nah,  yang sekarang sedang menjalani proses pengenalan dengan dunia kerja atau bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Ini ada beberapa tip dan trik untuk kamu, yang mungkin bisa membantu proses adaptasi di dunia kerja.

 

1. Kesan pertama

 

Saat pertama kali bekerja tentunya kamu akan bertemu dengan orang-orang baru, baik itu rekan kerja maupun bosmu. Nah, menyikapi kenyataan tersebut baiknya kamu memberikan kesan yang baik karena itu dapat menunjukkan keramahanmu kepada rekan kerjamu.

 

Bila suatu ketika seseorang membantumu atau sekedar mengajarkan hal yang tidak kamu ketahui, jangan segan-segan untuk berterima kasih baik itu dengan kata-kata, senyuman, sms atau hanya sekedar mengirim sebuah email.

 

2. Belajarlah bukan bergantung

 

Orang lain boleh saja membantu mu dalam menyelesaikan beberapa persoalan dalam pekerjaan. Namun jangan sampai kamu malah menjadi bergantung dengan orang lain. Kamu harus belajar menyelesaikan persoalanmu sendiri dengan usahamu sendiri. Banyak hal yang dapat kamu ambil dengan berusaha menyelesaikan tugas pekerjaan sendiri, kamu bisa belajar mengambil setiap keputusan, bagaimana langkah yang kamu anggap tepat, dan lain sebagainya.

 

3. Jagalah hubungan

 

Manusia adalah makhluk sosial dan kita tidak dapat hidup tanpa orang lain. Hal ini harus kita sikapi dengan benar, sebab hubungan antar individu itu sangat penting bagi kamu maupun orang lain. Nah, oleh karena itu, baiknya kamu jaga dengan baik hubungan antara kamu dan rekan kerja. Sebab kamu gak pernah tahu, barangkali suatu hari nanti kamu akan resign atau bahkan diberhentikan dari pekerjaan.

 

4. Introspeksi

 

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan itu adalah hal wajar sebab kita bukanlah makhluk yang sempurna. Kamu harus memahami dengan baik hal ini. Menyikapi itu, ada baiknya kamu untuk selalu introspeksi diri, barangkali kamu pernah melakukan kesalahan dengan orang lain. Instropeksi sendiri bukan hanya kamu lakukan pada hubungan kamu dengan orang lain tapi juga dengan pekerjaanmu, dengan begitu kamu bisa mengukur batas kemampuanmu dan belajar lagi untuk menutupi kekuranganmu.

 

5. Percaya diri

 

Sering kali sulitnya seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru dikarenakan mereka kurang percaya diri. Apakah kamu termasuk orang yang demikian? Nah, perlu diketahui bahwa kepercayan pada diri itu besar harganya. Logikanya begini, bagaimana orang lain bisa percaya dengan kemampuanmu jika kamu sendiri masih ragu dengan dirimu sendiri. Cukup mengerti bukan?

 

Sumber : Ayobuka.com