5 Strategi Supaya Kamu Cepat Naik Gaji; Bebas Curang Apalagi Korupsi!!

Bagi sebagan besar pencari kerja, tentu memilih perusahaan tempat bekerja tidak sembarang dan melihat dari berbagai macam aspek seperti lokasi tempat kerja, jens pekerjaan, dan yang paling penting gaji, bukan begitu ??

Setiap perusahaan yang sudah mapan, tentu tidaj akan semena-mena terhadap setap karyawan, sehingga sejak jauh-jauh hari, mereka melalui HR tentu saja mulai merancang berbagai aturan, mekanisme dan cara untuk mensejahterakan keryawan termasuk perihal gaji dan bonus. Tapi bagaimana jika perusahaan yang kebetulan kamu tempati adalah perusahaan baru yang belum banyak memiliki aturan terkait kesejahteraan karyawan, bisa-bisa masa depan dan semua mimpi mu untuk kehidupan yang lebih baik kandas dari sekarang?

Jangan Takut dan pesimis dulu ya, selalu ada peluang yang bisa kamu manfaatkan gajimu naik, walau diperusahaan kecil sekalipun. Bagaimana caranya, berikut MudahKerja.com sebutkan 5 langkah pasti agar gajimu naik, yuuk simak.

 

1. Pastikan isi surat perjanjian kerja

Setiap orang yang hendak bekerja di perusahaan pasti ada Akad, bukan hanya nikah, Dan akad n ditandai dengan penanda tanganann perjanjian kerja, dimana di dalamnya berisi bentuk pekerjaan yang akan kamu lakukan, batasan-batasan, hak dan kewajiban, termasuk perihal penggajian dan bonus.

Pastikan isi dari surat perjanjian itu mencakup semua hal-hal prinsipil hingga kejelasan tentang pembaharuan kontrak kerja, karena perusahaan, biasanya menerapkan masa percobaan atau probation minimal 1 hingga 3 bulan dengan gaji minamal UMR. Setelah masa percobaan tersebut, biasanya ada kenaikan gaji yang ditawarkan. Taraaa, peluangmu terbuka lebar dari sini.

2. Jangan malu untuk meminta review kinerjamu

Kebanyakan orang terbiasa dengan zona nyaman, sehingga ketika mereka sudah nyaman dengan sebuah kondsi, mereka akan malas dengan hal-hal malas dengan hal-hal yang baru. Cobalah untuk minta atasanmu mereview performa pekerjaan yang kamu lakukan, apakah sudah memenuhi keinginan atau standart perusahann atau belum.

Jika belum, minta supervior tempatmu bekerja untuk mengikutsetakanmu dalam setiap acara yang memiliki muatan pengembangan sumbar daya manusia. Seperti bagaimana cara menangani klien hingga proposal proyekmu di setujui (jika perusahaan mu berjenis kontraktor) atau bagaimana cara memperlakukan sesama karyawan secara profesional untuk sama-sama mencapai tujuan perusahaan.

Jika sudah, hal ini bsa kamu manfaatkan untuk menambah pekerjaan yang berpeluang untuk melakukan megosiasi ulang terkait bayaran yang kamu terima dengan tanggung jawab terbaru ini.

 

3. Sudah lama bekerja, minta evaluasi total

Sebuah perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bermimpi untuk berkembang lebih besar, sehingga setiap tahun selalu merencanakan evaluasi total yang berkaitan dengan strategi bisnis, keuangan perusahaan hingga rencana untuk melakukan expansi lainya. Dan ini adalah waktu yang tepat bagimu untuk mengusulkan perihal kenaikan gaji karyawan yang memang seharusnya naik setiap tahun, mengingat biaya hidup yang naik akibat inflasi dn suku bunga keuangan dunia.

Ajukan permintaan yang masuk akal, ketika keuangan perusahaan mengalami perbaikan da tahun tersebut. Apabila ketika ketika kesuksesan tersebut berasal dari devsi tempatmu bekerja, atau minimal minta minimal mnta bonus sebagai apresiasi untuk setap karyawan.

 

4. Laksanakan setiap kewajiban dengan baik

Sebelum meminta hak mu, pastkan apakah kewajibanmu kepada perusahaan sudah terlaksana dengan baik. Bisa jadi penundaan kenaikan gajimu justru berasal dari keteledoran terhadap kewajiban-kewajiban yang tidak terlaksana secara sempurna. Kalau begini, jangankan gaji bahkan bonusmu dab kenaikan pangkat di perusahaan pasti tidak kamu dapatkan. mengingat perusahaan  juga akan timbang pilih untuk setiap sumbangsih yang kamu berikan kepada perusahaan. Oleh sebab itu, laksanakan kewajiban dengan baik ya.

 

5. Kurangi mengajukan pinjaman di kantor

Meminjam uang ke teman, koperasi atau bahkan ke bagian keuangan perusahaan menjadikan dirimu pusat perhatian orang-orang kantor. Terlebih jika uang tersebut hanya digunakan untuk glamorisasi seperti membeli handphone baru, padahal kamu tidak pernah keluar kantor untuk meeting dengan klien dan lain sebagainya. Sebisa mungkin tunda nafsu untuk memiliki berbagai macam gadget atau keperluan glamor yang tidak semestinya kamu miliki.

Mengajukan pinjaman ke perusahaan juga busa jadi salah satu penyebab kenapa gajimu tidak naik bahkan berkurang akibat dipotong sebanding dengan besarnya tunggakan pinjaman.

 

Nah, langkah-langkah diatas merupakan  langkah pasti bukan untuk membuat gajimu naik di tahun-tahun mendatang. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba!

Sumber: [hipwee.com]