Lakukan 4 Trik Cerdas Ini agar Karir Bersinar dan Cemerlang

Memiliki karir yang bagus adalah dambaan semua orang. Mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi dan mendapatkan nilai yang bagus tentunya bukan semata-mata untuk mendapatkan ilmu.

Harapannya, ketika lulus nanti, ilmu dan pengalaman yang dimiliki menjadi bekal dalam meniti karir di dunia kerja. Terlebih bagi yang baru saja lulus dan akan mulai berkarir.

Agar karir yang dijalani bersinar dan cemerlang pada tahun ini, berikut ini ada empat trik cerdas yang bisa dicoba.

 

1. Awali dengan Melakukan Evaluasi Kinerja

 

Ada baiknya melakukan evaluasi kinerja terlebih dahulu supaya punya gambaran mengenai langkah dan keputusan apa yang harus Anda ambil. Evaluasi itu penting karena nantinya Anda bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan. Serta meningkatkan hal-hal yang dianggap kurang.

Dengan begitu, akan ada progresivitas yang Anda tunjukkan pada tahun ini dan partner kerja dengan sendirinya akan memberi apresiasi atas kinerja yang Anda lakukan.

 

2. Cermati Setiap Peluang yang Ada

 

Ingin karir bersinar dan cemerlang? Anda harus berani keluar dari zona nyaman Anda. Cermati setiap peluang yang ada pada tahun ini. Misalnya, apakah ada tawaran menarik atau pekerjaan yang lebih baik dari yang Anda jalani sekarang? Atau terpikirkan suatu ide bisnis dan berniat merealisasikannya ketika melihat tren yang sedang berlangsung saat ini?

Peluang-peluang tersebut harus dimanfaatkan betul-betul. Jangan sampai Anda melewatkannya. Sebab peluang-peluang tersebut dapat memberikan Anda banyak pengalaman, rekan, dan ilmu-ilmu baru. Ini akan berguna nantinya bagi karir Anda.

 

3. Ada Aksi, Ada Hasil

 

Sekadar bicara, semua orang juga bisa. Tapi, untuk apa kalau tidak ada hasil yang nyata di depan mata? Ketahuilah, hasil yang diharapkan cuma dapat diperoleh jika Anda melakukan aksi nyata. Misalnya, Anda ingin menguasai bahasa Jerman untuk mendukung karir Anda. Jika itu yang Anda harapkan, segeralah mencari tempat kursus bahasa Jerman yang cocok dan tanpa menunda-nunda lagi mulailah kursus bahasa Jerman.

 

4. Dengan Menghadapi Tantangan, Pengalaman Kian Bertambah

 

Menghadapi tantangan merupakan satu hal yang paling sulit ditaklukkan dalam dunia kerja. Namun, bukan berarti Anda bisa menyerah dengan tantangan tersebut. Karena setiap pekerjaan dan perjalanan karir pasti ada masalah yang mau tak mau harus dihadapi.

Jadikan hal tersebut sebagai tantangan yang harus Anda selesaikan. Bukannya menyerah kemudian meninggalkannya. Setiap tantangan yang muncul akan menambah pengalaman Anda dan ini menjadi modal penting bagi kemajuan karir Anda.

Banyak juga yang mengatakan bahwa tantangan juga sebagai ujian dalam karier untuk menapaki kelas yang lebih tinggi. Bukanlah sesuatu yang mengejutkan apabila banyak orang yang jauh lebih sukses dan berhasil setelah menaklukkan tantangan. Jadi, masih berpikir kalau tantangan itu hambatan?

 

 

Sumber : Cermati.com