Begini Cara Memperkenalkan Diri Secara Elegan Saat Wawancara Kerja

Tiap kali Anda melakukan wawancara kerja, Anda akan diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri. Hal ini pun sering menjadi bagian yang dinilai oleh pewawancara. Tahukah Anda jika memperkenalkan diri adalah salah satu kesempatan yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan diri saat wawancara kerja? Untuk itu, gunakanlah kesempatan emas tersebut secara elegan agar pewawancara menyukai Anda dari awal. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Tips Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja

 

1.    Cara Memperkenalkan Diri Saat Wawancara Kerja

 

Kesan pertama dapat memainkan peran besar tentang bagaimana pewawancara merasa bahwa Anda adalah kandidat karyawan yang kuat. Apa yang Anda katakan selama fase pertama wawancara dapat membuat perbedaan besar pada hasil. Itulah kenapa sangat penting untuk memberi perhatian pada tatakrama saat Anda memperkenalkan diri saat wawancara kerja. Lalu, bagaimanakah caranya? Ketika Anda tiba di tempat wawancara, perkenalkanlah diri Anda pada resepsionis dengan menyebutkan nama Anda dan tujuan kedatangan Anda.

Sebagai contoh, ‘Nama Saya Tina Karmila dan saya mempunyai jadwal wawancara dengan Bapak Sasmita pukul 14.00 WIB’. Bisa jadi Anda akan langsung diantar ke ruangan tempat wawancara atau pewawancara akan keluar untuk menemui Anda di tempat resepsionis. Sekali lagi, perkenalkanlah Anda diri Anda sehingga pewawancara tahu siapa Anda. Tawarkanlah jabatan tangan, meskipun pewawancara tidak menawarkan jabat tangan terlebih dulu karena itu adalah etika yang baik.

Selanjutnya, katakanlah kepada pewawancara bahwa Anda senang bertemu dengannya. tersenyum dan berikanlah kontak mata langsung. Sebagai tips, hindari telapak tangan berkeringat atau basah. Untuk itu, pergilah dulu ke toilet. Bersihkan dan keringkan tangan Anda dengan tisu untuk menghindari telapak tangan berkeringat atau kotor.

 

2.   Buatlah Perkenalan Anda Ringkas

 

Anda akan memiliki kesempatan memperkenalkan diri saat wawancara kerja secara lebih mendalam. Beberapa manajer atau pewawancara biasanya akan memulai sebuah wawancara dengan pertanyaan seperti ‘Ceritakan tentang diri Anda’. Respon Anda seharusnya fokus pada elemen kunci mengenai latar belakang yang memungkinkan Anda dapat unggul untuk pekerjaan yang Anda lamar.  Anda juga perlu berhati-hati dalam menganalisa pekerjaan tersebut sehingga Anda dapat menceritakan mengenai ketertarikan, kemampuan, pengalaman, dan kualitas personal yang memungkinkan Anda memenuhi semua kualifikasi yang dibutuhkan.

 

3.    Buatlah Sesi Perkenalan yang Padat

 

Perkenalan Anda semestinya dirasa cukup untuk membuat pewawancara terkesan pada Anda. Umumnya, sebuah ringkasan tentang kualifikasi akan cukup. Selain itu, Anda juga bisa menceritakan tentang hal-hal yang ringan namun merefleksikan personal Anda, seperti fakta bahwa Anda seorang pemain basket yang andal, suka bermain teater, atau gemar mengoleksi karakter hero. Tujuan Anda adalah untuk menghubungkan kepribadian dengan pewawancara, sekaligus menunjukan kualifikasi Anda dalam kerja.

Tentu saja, komentar Anda tentang cara memperkenalkan diri saat interview kerja dengan menunjukan antusiasme pada pekerjaan. Yang perlu diingat adalah jangan melakukannya secara berlebihan dan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menceritakan tentang diri Anda sendiri. Ketahuilah bahwa pewawancara juga punya agenda lain dan waktu yang terbatas. Untuk itu, buatlah perkenalan tersebut ringkas dan padat.

 

4.   Pertanyaan Follow Up

 

Pewawancara mungkin saja akan menindaklanjuti perkenalan tersebut dengan beberapa pertanyaan. Adalah penting untuk diingat bahwa Anda perlu mendukung apapun pernyataan yang Anda buat selama perkenalan. Oleh karena itu, bersiap-siaplah untuk memberi contoh spesifik bagaimana dan di mana Anda memanfaatkan aset atau skill untuk bisa sukses dalam kerja, proyek akademis, atau usaha produktif lainnya.

Memperkenalkan diri saat wawancara kerja adalah kesempatan emas yang harus Anda gunakan sebaik-baiknya untuk bisa mendapatkan posisi yang Anda lamar.

Semoga berhasil dan terus Semangat

 

Sumber : Job-Like.com