SENI MENEGO GAJI AGAR MENDAPAT SESUAI YANG DIINGINKAN

Setelah rangkaian tes mencari kerja, akhirnya sampai pada tes wawancara. Nah, pada tes ini kamu akan ditanya tentang besar gaji yang kamu inginkan. Banyak yang menganggap proses ini tidak terlalu penting, padahal menego gaji juga butuh seni. Tentu kamu ingin menerima gaji yang sesuai dengan keinginan kamu bukan?

 

 

Lalu, apa jawaban yang harus kamu ungkapkan ketika ditanya besarnya gaji yang diinginkan. Hmm, karena salah menjawab justru akan menghambat kamu untuk mendapatkan pekerjaan. Simak penjelasan dari vemale di bawah ini.

 

1. Kemukakan Besarnya Gaji yang Kamu Inginkan

 

Mengungkapkan secara langsung besarnya gaji mungkin terkesan tidak sopan. Maka cobalah dengan mengatakan;

"Saya tidak memiliki permintaan secara spesifik besarnya gaji yang saya inginkan. Tapi gaji yang biasa saya terima sekitar (sebutkan angka terendah) hingga (sebutkan angka tertinggi), mungkin hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan."

Sebelumnya cobalah untuk mencari tahu besarnya gaji untuk pekerjaan yang akan kamu terima dari perusahaan sejenis.

 

2. Menyanggupi untuk Membuka Diskusi

 

Kamu dapat mengatakan bahwa sanggup membuka diskusi tentang besarnya gaji yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk menyebutkan range angka yang kamu inginkan. Hal ini penting agar perusahaan tahu dan dapat memperkirakan besarnya gaji untuk kamu.

 

3. Mengungkapkan Pengalaman Kerja Sebagai Pertimbangan

 

Jelaskan pengalaman bekerja kamu. Jika kamu sedang melamar pekerjaan dengan posisi yang sama dan dengan perusahaan sejenis, maka ungkapkan pengalaman dan keahlian kamu dalam bekerja. Jangan lupa utnuk mencari tahu angka gaji untuk jenis pekerjaan yang sama dan perusahaan sejenis.

 

4. Menanyakan Kompensasi di Luar Gaji

 

Well, banyak perusahaan seringkali memberi gaji yang sedikit di bawah standar. Namun jangan salah, cobalah untuk bertanya kompensasi selain gaji. Jam kerja yang fleksibel, aturan cuti dan tunjangan lain semisal kesehatan.

 

5. Cari Tahu Beban Kerja yang Diberikan

 

Sebelum kamu menjawab pertanyaan besarnya gaji yang kamu harapkan, tidak ada salahnya jika kamu bertanya pekerjaan dan tanggung jawab kamu. Hal ini penting, untuk menghindari jawaban yang tidak sesuai harapan. Dengan mengetahui beban pekerjaan yang diberikan kepadamu maka kamu akan lebih mengerti jumlah gaji yang sesuai untuk kamu.

Bagaimana ladies, tidak galau lagi bukan? Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Sumber : Female.com