IINI CARA MENGHADAPI REKAN KERJA DI KANTOR YANG BERSIKAP BOSSY

 

Rekan kerja di kantor tidak selalu menjadi sosok yang diharapkan, misalnya saja bersikap kurang baik dan sulit untuk diajak bekerja sama. Hal tersebut disebabkan karena setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda, termasuk saat bekerja. Apalagi jika Anda memiliki rekan kerja yang bersikap layaknya bos atau sering disebut bossy. Tentu saja kondisi ini akan membuat Anda kurang nyaman saat harus bekerja sama dengan rekan kerja yang memposisikan dirinya sebagai atasan Anda. Padahal secara otoritas dan tanggung jawab posisi Anda sama. Ini beberapa poin penting bisa Anda lakukan untuk menghadapi rekan kerja di kantor yang bersikap bossy.

 

Rekan Kerja di Kantor Bertingkah Layaknya Bos? Lakukan Cara Ini untuk Menghadapinya

 

 

Bicara dengan Penuh Percaya Diri

 

 

Beberapa orang memilih diam ketika salah satu rekan kerjanya bersikap bossy, hingga akhirnya situasi ini terus terjadi. Satu hal yang perlu Anda pahami adalah tidak semua orang menyadari jika sikap mereka mengganggu kenyamanan orang lain. Jadi sebaiknya Anda berbicara kepada rekan kerja Anda ketika dia mulai mencoba mengatur Anda. Poinnya, Anda harus berani mengemukakan pendapat untuk menunjukkan bahwa Anda juga memiliki kendali yang sama dalam pekerjaan tersebut.

 

Bertanggung Jawab terhadap Pekerjaan

 

 

Dalam menghadapi rekan kerja di kantor yang bersikap layaknya bos, Anda perlu menunjukkan sikap profesionalitas yang tinggi dalam bekerja. Ketika bekerja dengan rekan kerja yang bossy, Anda harus lebih bertanggung jawab atas seluruh pekerjaan yang dibebankan. Jika tidak, maka rekan kerja Anda akan sangat leluasa mengoceh akan ritme kerja Anda dan menginterupsi tanggung jawab Anda yang terabaikan.

 

Memastikan Deskripsi Pekerjaan Berjalan dengan Baik

 

 

Anda dan rekan kerja berada pada tingkat atau posisi yang sama, artinya keduanya tidak bisa menjadi bos bagi salah satunya. Namun jika rekan kerja Anda bersikap seolah-olah menjadi bos bagi Anda, maka diskusikan kembali mengenai deskripsi pekerjaan masing-masing. Jika rekan kerja Anda sering memberikan constructive feedback tanpa Anda minta, atau mengambil terlalu banyak peran dalam setiap proyek, maka kembalikan semua pada deskripsi kerja. Anda bisa menjelaskan yang mana tanggung jawab Anda dan mana bagian dari rekan kerja Anda. Dengan begitu, akan lebih mudah membuat batasan-batasan antar tanggung jawab masing-masing.

 

Diskusikan dengan Bos

 

 

Jika rekan kerja Anda masih tetap bersikap bossy meskipun telah Anda peringkatkan, maka inilah saatnya untuk meminta pendapat atasan Anda. Mungkin ini terdengar seperti Anda tengah mengadukan rekan Anda kepada atasan dengan kesan yang negatif, namun cara ini tidak salah selama Anda tidak mendramatisir keadaan.

 

Sumber : Job-like.com