TAK ASAL KERJA, KUASAI 6 KEMAMPUAN INI AGAR RAIH KARIR CEMERLANG

Kita berjuang untuk kesuksesan kita, entah apapun itu kesuksesan yang ingin kita capai. Namun dalam lingkup dunia kerja, kesuksesan juga membutuhkan kemampuan yang mumpuni, baik dari segi kerja itu sendiri sampai persoalan kepribadianmu.

 

Walau kamu berkerja di bidang apapun dan bagaimanapun lingkup kerjanya, 6 kemampuan ini harus kamu pertimbangkan untuk dikuasai guna menaikkan status pekerjaan serta kesuksesanmu.

 

1. Keterampilan teknis

 

Salah satu keterampilan teknis dihampir segala bidang pekerjaan yang harus kamu miliki adalah kemampuan yang cukup dalam tenologi. Bahkan, walau kamu juga gak berkerja di bidang teknologi itu sendiri. Kemampuan dalam menguasai teknologi yang ada akan meningkatkan stabilitasmu dan membantu dalam memanfaatkan pertumbuhan pekerjaan yang profesional.

 

Teknologi akan terus mengubah cara kita berkerja dan bagaimana mengeksekusi suatu hal. Mudahnya, perkembangan gak bisa untuk ditolak, jika kamu menolaknya, kamu akan ditelan oleh perkembangan itu sendiri.

 

2. Kemampuan dalam berkomunikasi

 

Kemampuan dalam berkomunikasi bukan sesederhana hanya sekedar mendengarkan lalu berbicara. Jika sudah mencakup sebuah 'kemampuan', maka ada standar tersendiri untuk hal tersebut.

 

Kemampuan dasar dalam keterampilan berkomunikasi adalah bagaimana cara kamu mengucapkan apa yang ingin kamu katakan, bukan hanya sekedar berbicara saja. Lalu, mendengarkan bukan hanya karena menunggu giliran untuk bersuara, tapi memahami dengan pasti apa yang dimaksud dan bagaimana meresponnya.

 

3. Pola pikir yang kritis

 

Kritis dalam berpikir dapat menguntungkan pekerjaanmu ataupun permasalahan pribadimu sendiri. Berpikir kritis dapat membuatmu bisa menangani sebuah masalah ataupun bagaimana seharusnya bertindak.

 

Pikiran kritis memberikan kemampuan dalam menganalisa pemecahan masalah, mendefinisikan hambatan dan solusi yang diinginkan dengan benar agar dapat menerapkan solusi terbaik dari segala opsi yang sekiranya memiliki faktor lain yang dapat mempengaruhi pencapaianmu.

 

4. Multitasking yang baik

 

Multitasking kadang membuat kita terasa terbebani dan stres karenanya, namun tuntutan dalam pekerjaan memang gak bisa untuk kita hindari. Jika hanya sekedar banyak berkerja dengan meminimalisir waktu yang ada, maka multitasking akan membuatmu tersiksa. Multitasking membutuhkan menajemen waktu yang baik serta mengoraginisir pekerjaanmu.

Ketika kamu dapat menetapkan prioritas serta mengorganisir lebih terperinci akan apa yang kamu lakukan dalam waktu yang kamu miliki, disitu kamu bisa melakukan multitasking yang benar.

 

5. Dapat berkerja sama

 

Dunia kerja berkisar tentang kerumitan untuk berproduksi dan menghasilkan uang yang harus kamu dapatkan, salah satunya adalah mengharuskan kamu untuk dapat berkerja bersama orang lain. Hal ini menuntut tanggung jawab, misi, serta keefisienan kerja yang bagus.

 

Dinamika kerja tim meminta sebuah komitmen, mengambil tugas masing-masing dan menyelesaikannya dengan benar. Ini juga berguna jika suatu saat nanti kamu ingin menjadi seorang pemimpin, maka mulailah dengan kerja sama tim yang bagus.

 

6. Kreativitas yang tinggi

 

Kreativitas itu penting, dimanapun bidang yang kamu geluti. Kreativitas membuatmu dapat memiliki gagasan di luar dari aturan dan jalur yang ada, memberimu peluang baru dalam ketidak mungkinan. Maka jadilah orang yang kreatif, memandang sesuatu dari sudut pandang yang berbeda sehingga kamu juga mendapatkan hasil yang berbeda pula dari yang lainnya.

 

Kalau kamu sudah menguasai semuanya, suksesmu juga makin dekat.

 

Sumber : IDN TIMES